Mau ganti oli motor matic? Cek ini Dulu!


Memilih oli sepeda motor yang tepat adalah penting karena oli yang salah dapat merusak mesin, kopling dan transmisi sepeda motor Anda. Biaya biasanya bukan merupakan faktor karena fakta sepeda motor kita adalah salah satu harta yang paling berharga.

Satu pertanyaan yang sering muncul adalah, bisakah Anda menggunakan oli otomotif di sepeda motor? Tidak disarankan untuk melakukan ini karena paket aditif yang berbeda digunakan untuk memformulasikan oli sepeda motor. Oli otomotif harus mengurangi jumlah seng dan aditif anti keausan lainnya karena pengaruh buruk yang diakibatkannya pada konverter katalitik.

Oli motor diizinkan untuk menambahkan sejumlah besar aditif anti-aus dan Anda harus selalu memanfaatkan ini. Oli motor akan lebih panas dan mesin mobil akan menghasilkan lebih banyak gesekan. Untuk menjaga keausan minimum Anda akan membutuhkan perlindungan ekstra yang disediakan oli sepeda motor.

Benar-benar tidak banyak perdebatan lagi tentang manfaat pelumas sintetik. Siapa pun yang masih memilih menggunakan minyak bumi di sepeda motor mereka benar-benar akan melihat penurunan kinerja. Tidak peduli apa pun biayanya, sintetis adalah investasi yang jauh lebih baik. Mengingat fakta bahwa sintetis menurunkan suhu operasi, manfaat ini saja sebanding dengan biaya tambahan.

Juga tidak ada kebenaran bagi beberapa dealer sepeda motor yang memberi tahu Anda bahwa Anda harus menjalankan versi minyak bermerek mereka di sepeda Anda. Menjalankan oli selain versi bermerek mereka tidak akan membatalkan garansi pabrik Anda. Jangan terjebak dalam semua hype di atas label minyak pribadi. Apakah Anda benar-benar berpikir produsen sepeda motor tertentu benar-benar membuat minyak mereka sendiri? Tentu saja tidak, itu dikeluarkan untuk penawaran dan penawar termurah menang jadi hati-hati menggunakan jenis minyak ini.

Jika dealer Anda bersikeras bahwa Anda menggunakan oli mereka sementara sepeda Anda masih dalam garansi dan Anda ingin menggunakan merek lain yang harus Anda lakukan adalah ini: Jika Anda ingin menggunakan merek x di sepeda motor Anda dan dealer Anda memberitahu Anda tidak Anda tidak bisa , kemudian dengan sopan meminta mereka untuk menuliskannya. Hukum Federal menyatakan bahwa tidak ada jaminan yang dapat dibatalkan hanya dengan instruksi lisan, itu harus tertulis.

Pertama-tama tidak ada dealer yang akan melakukan ini karena secara hukum mereka tahu mereka tidak bisa. Namun jika mereka melakukannya menurut Magnuson-Moss Act Anda berhak atas minyak bermerek mereka secara gratis. Ingatlah hal itu saat penjual Anda mencoba memaksa Anda menggunakan merek minyak mereka.

Apa yang sebaiknya Anda cari dalam oli sepeda motor? Kekhawatiran terbesar Anda seharusnya mengurangi suhu operasi. Hal ini terutama berlaku untuk sepeda berpendingin udara yang tidak memiliki keuntungan tambahan berupa cairan yang didinginkan. Tentu saja Anda selalu ingin memastikan bahwa minyak Anda memenuhi spesifikasi yang tepat yang tercantum dalam manual pemilik Anda. Spesifikasi yang sesuai dapat ditemukan di bagian belakang botol oli sepeda motor.

Mendapatkan saran dari pemilik sepeda motor lain yang telah melakukan eksperimen mereka sendiri adalah cara yang bagus untuk membantu Anda menentukan oli mana yang bekerja paling baik. Berbicara dengan mekanik sepeda motor berpengalaman adalah salah satu cara terbaik untuk menentukan minyak yang akan digunakan karena mereka melihat langsung apa yang dilakukan minyak di bagian dalam mesin. Menjalankan beberapa tes sederhana sendiri dapat mempersempit pilihan Anda dengan cukup cepat. Tetap dengan sintetis karena membandingkan minyak petroleum akan membuang-buang waktu.

Comments