Menggunakan Manipulasi Frekuensi untuk Menciptakan Efek Suara





Sebelum Anda dapat mulai menciptakan efek suara profesional dan top-of-the-line, penting untuk memiliki pemahaman dasar tentang frekuensi suara. Umumnya disebut frekuensi audio atau frekuensi yang dapat didengar, frekuensi suara hanyalah kisaran getaran yang didengar dan / atau dilihat oleh rata-rata telinga manusia.
Sementara frekuensi yang tepat yang dapat didengar sangat bervariasi dari orang ke orang dan juga bergantung pada faktor lingkungan, rentang standar frekuensi pendengaran manusia adalah antara 20 dan 20.000 hertz. Angka di ujung bawah skala frekuensi mencerminkan frekuensi yang lebih rendah (bass berpikir) dan frekuensi yang lebih tinggi (bayangkan ban melengking) berada pada ujung frekuensi yang lebih tinggi.
Untuk membuat efek suara menggunakan peralatan manipulasi suara elektronik, Anda biasanya memanipulasi suara yang ada dengan mengubah frekuensi mereka untuk mendapatkan suara yang Anda inginkan. Mari kiranya menghadapinya, ciptakan kombinasi efek suara yang tepat untuk proyek apa pun, baik film, radio, video game, televisi, atau multimedia, bisa menjadi tugas yang menakutkan. Bahkan jika Anda tahu persis efek suara apa yang ingin Anda capai, menciptakan suara tepat yang ada dalam pikiran mungkin kadang kala tidak mungkin dilakukan. Untuk membuat efek suara yang terdengar profesional Anda memerlukan beberapa peralatan dasar yang berisi kontrol standar. Memahami kontrol ini dan lebih spesifik lagi apa yang mereka andalkan untuk menciptakan efek suara yang didambakan Anda adalah langkah awal yang bagus untuk insinyur suara bercita-cita tinggi.
- Level / Gain: Kontrol ini dirancang untuk memungkinkan Anda menipiskan atau memperkuat rangkaian frekuensi tertentu.
- Cutoff Frequency / Cutoff Point: Ini adalah titik di mana filter mulai mempengaruhi suara yang dipermasalahkan. Hal ini digunakan untuk menentukan bagian dari spektrum frekuensi yang bekerja pada filter.
- Atenuasi: Mengurangi frekuensi yang ditargetkan (ies).
- Bandwidth / Q / Penekanan / Resonansi / Puncak: Mengukur rentang frekuensi dari masing-masing sisi titik potong (diukur dalam Hertz) yang berhubungan dengan frekuensi.
Menggunakan Alat di Pembuangan Anda
Menciptakan efek suara yang terdengar profesional melampaui dan melampaui hanya memiliki alat yang tepat. Perancang suara yang tidak hanya memiliki alat yang tepat, tapi juga tahu cara menggunakannya dengan benar menghasilkan efek suara terbaik. Hal ini lebih penting untuk mengetahui bagaimana menggunakan alat-alat perdagangan Anda daripada memiliki peralatan terbaik di pasar. Sebenarnya, adalah mungkin untuk menciptakan efek suara yang mengesankan dengan menggunakan rekaman dinosaur-esque, peralatan pencampuran dan pengeditan. Namun, memiliki yang terbaik dari yang terbaik adalah nilai pasti.
Cara Benar Kontrol Efek Suara
Jika Anda ingin mengendalikan efek suara dengan benar, apalagi mulai membangun atau menambahkan ke perpustakaan efek suara Anda, Anda perlu membiasakan diri dengan berbagai jenis EQ (yang merupakan singkatan dari peralatan pemersatu audio). Ada lima tipe dasar yang akan Anda kerjakan di lab suara.
- EQ Tetap: Kontrol tunggal, yaitu bass atau treble. Dengan EQ Tetap, frekuensi cutoff tetap dan yang Anda kontrol adalah jumlah dorongan atau pemotongan.
- Grafik EQ: Umumnya ditemukan pada sistem HiFi, mereka terbagi menjadi serangkaian band yang memungkinkan Anda membuat dan meningkatkan secara terpisah. Mereka digunakan untuk membagi spektrum ke sejumlah band yang telah ditentukan sebelumnya, dan kemudian mengendalikan setiap band secara terpisah.
- Paragraphic EQ: Ini adalah sesuatu dari EQ hibrida yang memungkinkan pengguna memanipulasi efek suara pada beberapa band dan dengan pita frekuensi yang ditentukan pengguna.
- Parametric EQ: EQ ini dirancang untuk memungkinkan pengguna mengubah frekuensi pita dengan mudah & ndash; Biasanya, band ini memiliki 3-4 band, masing-masing memiliki kemampuan untuk mengendalikan frekuensi cutoff, bandwidth dan level. Ini memungkinkan Anda memanipulasi frekuensi tertentu dalam rentang yang cukup ketat untuk efek suara Anda.
- Sweeping EQ: Ini adalah EQ jalan tengah yang berada di antara EQ Tetap yang paling sederhana dan EQ Parametrik. Ini memberi mereka bangunan perpustakaan efek suara mereka kemampuan untuk memperbaiki pusat bandwidth dan mengendalikan frekuensi tengah. Ini adalah EQ yang sangat umum, dan ditemukan sebagian besar mixer.
Kesimpulannya

Menggunakan EQ untuk memanipulasi suara adalah sarana umum untuk menciptakan suara fluida untuk digunakan dalam musik, serta efek suara untuk digunakan di film dan media lainnya. Sementara banyak efek suara dapat dibuat menggunakan EQ di studio, untuk membuat perpustakaan efek suara yang komprehensif, Anda harus memperluas metode Anda lebih jauh lagi. Ini akan melibatkan pencatatan suara yang dibuat secara alami dan manual baik di dalam maupun di luar lokasi.

Comments