Menggunakan Manipulasi Frekuensi untuk Menciptakan Efek Suara
Sebelum Anda dapat mulai menciptakan efek suara profesional
dan top-of-the-line, penting untuk memiliki pemahaman dasar tentang frekuensi
suara. Umumnya disebut frekuensi audio atau frekuensi yang dapat didengar,
frekuensi suara hanyalah kisaran getaran yang didengar dan / atau dilihat oleh
rata-rata telinga manusia.
Sementara frekuensi yang tepat yang dapat didengar sangat
bervariasi dari orang ke orang dan juga bergantung pada faktor lingkungan,
rentang standar frekuensi pendengaran manusia adalah antara 20 dan 20.000
hertz. Angka di ujung bawah skala frekuensi mencerminkan frekuensi yang lebih
rendah (bass berpikir) dan frekuensi yang lebih tinggi (bayangkan ban
melengking) berada pada ujung frekuensi yang lebih tinggi.
Untuk membuat efek suara menggunakan peralatan manipulasi
suara elektronik, Anda biasanya memanipulasi suara yang ada dengan mengubah
frekuensi mereka untuk mendapatkan suara yang Anda inginkan. Mari kiranya
menghadapinya, ciptakan kombinasi efek suara yang tepat untuk proyek apa pun,
baik film, radio, video game, televisi, atau multimedia, bisa menjadi tugas
yang menakutkan. Bahkan jika Anda tahu persis efek suara apa yang ingin Anda
capai, menciptakan suara tepat yang ada dalam pikiran mungkin kadang kala tidak
mungkin dilakukan. Untuk membuat efek suara yang terdengar profesional Anda
memerlukan beberapa peralatan dasar yang berisi kontrol standar. Memahami
kontrol ini dan lebih spesifik lagi apa yang mereka andalkan untuk menciptakan
efek suara yang didambakan Anda adalah langkah awal yang bagus untuk insinyur
suara bercita-cita tinggi.
- Level / Gain: Kontrol ini dirancang untuk memungkinkan
Anda menipiskan atau memperkuat rangkaian frekuensi tertentu.
- Cutoff Frequency / Cutoff Point: Ini adalah titik di mana
filter mulai mempengaruhi suara yang dipermasalahkan. Hal ini digunakan untuk
menentukan bagian dari spektrum frekuensi yang bekerja pada filter.
- Atenuasi: Mengurangi frekuensi yang ditargetkan (ies).
- Bandwidth / Q / Penekanan / Resonansi / Puncak: Mengukur
rentang frekuensi dari masing-masing sisi titik potong (diukur dalam Hertz)
yang berhubungan dengan frekuensi.
Menggunakan Alat di Pembuangan Anda
Menciptakan efek suara yang terdengar profesional melampaui
dan melampaui hanya memiliki alat yang tepat. Perancang suara yang tidak hanya
memiliki alat yang tepat, tapi juga tahu cara menggunakannya dengan benar
menghasilkan efek suara terbaik. Hal ini lebih penting untuk mengetahui
bagaimana menggunakan alat-alat perdagangan Anda daripada memiliki peralatan
terbaik di pasar. Sebenarnya, adalah mungkin untuk menciptakan efek suara yang
mengesankan dengan menggunakan rekaman dinosaur-esque, peralatan pencampuran
dan pengeditan. Namun, memiliki yang terbaik dari yang terbaik adalah nilai
pasti.
Cara Benar Kontrol Efek Suara
Jika Anda ingin mengendalikan efek suara dengan benar,
apalagi mulai membangun atau menambahkan ke perpustakaan efek suara Anda, Anda
perlu membiasakan diri dengan berbagai jenis EQ (yang merupakan singkatan dari
peralatan pemersatu audio). Ada lima tipe dasar yang akan Anda kerjakan di lab
suara.
- EQ Tetap: Kontrol tunggal, yaitu bass atau treble. Dengan
EQ Tetap, frekuensi cutoff tetap dan yang Anda kontrol adalah jumlah dorongan
atau pemotongan.
- Grafik EQ: Umumnya ditemukan pada sistem HiFi, mereka
terbagi menjadi serangkaian band yang memungkinkan Anda membuat dan
meningkatkan secara terpisah. Mereka digunakan untuk membagi spektrum ke
sejumlah band yang telah ditentukan sebelumnya, dan kemudian mengendalikan
setiap band secara terpisah.
- Paragraphic EQ: Ini adalah sesuatu dari EQ hibrida yang
memungkinkan pengguna memanipulasi efek suara pada beberapa band dan dengan
pita frekuensi yang ditentukan pengguna.
- Parametric EQ: EQ ini dirancang untuk memungkinkan
pengguna mengubah frekuensi pita dengan mudah & ndash; Biasanya, band ini
memiliki 3-4 band, masing-masing memiliki kemampuan untuk mengendalikan
frekuensi cutoff, bandwidth dan level. Ini memungkinkan Anda memanipulasi
frekuensi tertentu dalam rentang yang cukup ketat untuk efek suara Anda.
- Sweeping EQ: Ini adalah EQ jalan tengah yang berada di
antara EQ Tetap yang paling sederhana dan EQ Parametrik. Ini memberi mereka
bangunan perpustakaan efek suara mereka kemampuan untuk memperbaiki pusat
bandwidth dan mengendalikan frekuensi tengah. Ini adalah EQ yang sangat umum,
dan ditemukan sebagian besar mixer.
Kesimpulannya
Menggunakan EQ untuk memanipulasi suara adalah sarana umum
untuk menciptakan suara fluida untuk digunakan dalam musik, serta efek suara
untuk digunakan di film dan media lainnya. Sementara banyak efek suara dapat
dibuat menggunakan EQ di studio, untuk membuat perpustakaan efek suara yang
komprehensif, Anda harus memperluas metode Anda lebih jauh lagi. Ini akan
melibatkan pencatatan suara yang dibuat secara alami dan manual baik di dalam
maupun di luar lokasi.
Comments
Post a Comment